top of page

AKAMIGAS perguruan tinggi di bidang MIGAS


di bawah kementrian ESDM

STEM Akamigas

FaktaKampus.Com- Indonesia memiliki banyak sekali perguruan tinggi baik itu negeri ataupun swasta dari ujung sabang sampai merauke. Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah sekolah menengah atas atau kejuruan yang merupakan wadah bagi para pelajar untuk menimba ilmu yang lebih dalam. Dari sekian banyak perguruan tinggi di Indoesia ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengenal STEM Akamigas sebagai salah satu perguruan tinggi yang letaknya di kota kecil paling ujung Jawa Tengah dimana kota tersebut berbatasan langung dengan provinsi Jawa Timur.

STEM Akamigas Cepu

Cepu, kota kecil yang sudah terkenal sejak zaman Belanda karena kandungan minyak bumi yang melimpah ruah di bumi Cepu, sejak zaman Belanda sudah banyak orang yang berdatangan ke kota Cepu untuk mengadu nasib di kota miyak tersebut. Kandungan minyak bumi yang sangat melimpah dengan didirikanya perusahaan-perusahaan di Cepu dan lokasi yang strategis mendorong pemerintah membangun perguruan tinggi di kota tersebut.

Sampai saat ini ada sekitar empat perguruan tinggi di kota Cepu, namun terdapat salah satu perguruan tinggi yang berkecimpung di dunia perminyakan. Perguruan tinggi tersebut tidak lain STEM akamigas.

Sejarah STEM Akamigas

Berdirinya STEM akamigas telah melalui beberapa perkembangan pola pendidikan dan status kelembagaan. Perkembangan ini diawali dengan terbitnya keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas bumi nomor.19/DD/Migas/1966 tanggal 24 Oktober 1966, merupakan dasar didirikanya Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMGB) dengan pola pendidikan tiga tahun dan memiliki empat Program Studi yaitu Eksplorasi dan Eksplotasi, Pemboran, Pengolahan dan Logistik.

Setahun kemudian pada 25 Oktober 1967 sesuai peraturan Direktur Jenderal Minyak dan Gas bumi meresmikan Akademi Minyak dan Gas bumi dengan singkatan AKAMIGAS. Setelah mendapat masukan dan peraturan dari pemerintah akhirnya pada 21 Febuari 2012 Akamigas memperoleh izin

penyelenggaraan program studi Diploma IV dan peningkatan status menjadi

Sekolah Tinggi Mineral dan Energi (STME). Kemudian pada 24 juli 2002 nama STME resmi diubah menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Mineral akamigas (STEM Akamigas) dan memiliki lima Program Studi yaitu Teknik Produksi Migas, Teknik Pengolahan Migas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas.

Asrama di STEM Akamigas

STEM akamigas memiliki Asrama Vyatra yang letaknya tidak terlalu jauh dari kampus di Jl. Ngareng No.1, setiap mahasiswa di wajibkan menempati asrama selama masa pendidikan. Kemegahan dan lengkapnya fasilita di Asrama Vyatra membuat mahasiswa STEM akamigas merasa nyaman. Asrama tersebut saat ini memiliki tujuh gedung yang masing-masing memiliki nama dari Vyatra I hingga Vyatra VII. Seluruh gedung asrama dilengkapi AC dan diisi tiga sampai empat mahasiswa tiap kamar. Dari tujuh gedung asrama masing-masing memiliki kelebihan, namun yang paling memanjakan penghuninya gedung Vyatra VII karena gedung tersebut paling mewah diantara ketujuh gedung asrama.

Fasilitas Yang Diberikan Mahasiswa STEM Akamigas

Fasilitas di asrama yang dapat dinikmati para mahasiswa bukanlah hanya itu, masih banyak fasilitas lainya seperti berbagai macam lapangan olahraga dan tempat Gym. Yang membuat mahasiswa semakin betah di asrama karena tersedia Laundry gratis bagi setiap mahasiswa jadi tidak perlu mencuci pakaian sendiri. Untuk masalah makanan sudah sangat terjamin setiap mahasiswa mendapat jatah makan tiga kali sehari dengan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Pada awal masuk perkuliahan mahasiswa akan di dampingi langsung oleh TNI selama satu tahun dari mulai bangun tidur sampai mau tidur. Setiap mahasiswa tingkat pertama ketika berangkat ke kampus wajib jalan kaki dan bernyanyi dengan semangat di bawah pendampingan instruktur dari TNI. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dengan penuh semangat sehingga mahasiswa STEM akamigas selalu semangat dan memiliki kedisiplinan yang baik. Penulis dalam artikel ini adalah Muh Ircham Maulana.

bottom of page